Pengaruh Kesehatan Mental Pada Perilaku Remaja di Era VUCA

Authors

  • Muhaimin Iskandar Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Intan Rahayu Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nursi Diyana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fadiya Izzatul Jannah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Wanda Dewi Muro Asih Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dali Biman Saputra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Putri Rizky Nopriani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Adriel Rizky Abyurisa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Desti Nadia Utami Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Suci Andini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.38

Keywords:

Media sosial, Insecure, Kesehatan Mental

Abstract

Artikel ini berisi penelitian kualitatif deskriptif dengan metode interview individual dan grup dengan tujuan penelitian ini agar mengetahui pengaruh kesehatan manusia di era VUCA.  pengaruh perkembangan modernitas dan teknologi yang semakin pesat turut mendorong masalah kesehatan mental mengintai, terutama bagi kalangan remaja. Gaya hidup yang tidak terpenuhi dengan tuntutan media sosial dan semakin beragamnya kebutuhan manusia di era modern turut menciptakan berbagai masalah psikologi pada diri seseorang. Salah satu penyebab gangguan kesehatan mental pada kalangan remaja yaitu insecure. Rasa insecure merupakan rasa tidak aman, untuk kalangan remaja sendiri perasaan insecure lebih mudah muncul karena didorong oleh fenomena media sosial yang kerap kali menampilkan kehidupan hedonisme seseorang. Ketika remaja mulai membandingkan apa yang ditampilkan media sosial  dengan kehidupan pribadinya dan teryata tidak sesuai dengan ekspetasi media sosial. Hal ini membuat remaja menjadin insecure.

References

Joshi, M. (2017). Invention, innovation and innovative practices: A reason to study in a VUCA perspective. Journal of Entrepreneurship, Business and Economics

Nurhaeni, Ani, Dewi Erna Marisa, and Thia Oktiany. 2022."Peningkatan Pengetahuan Tentang Gangguan Kesehatan Mental pada Remaja." Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan.

Arifah, Naily Zahrotun et al. 2022. "Prinsip Pembelajaran dengan Platform Gather Town sebagai Langkah Recovery di Era VUCA." Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Khairunnisa, Hani. 2017 "Self Esteem, Self Awareness Dan Perilaku Asertif Pada Remaja." Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurdiani. Tanti Widia. 2021.Tetap Bersemi Meski Pandemi The Series Karakter Pemimpin Menghadapi Zaman VUCA. Cetakan Ke. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management (Penerbit NEM - Anggota IKAPI)

Atrup, dan Alvian D. Putra. 2018 "Pembelajaran di era VUCA,". Kediri: UIN PGRI kediri

Mustamu, A. C., Hasim, N. H. and Khasanah, F. 2020. "Pola Asuh Orang Tua, Motivasi & Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Remaja Papua".

Talitha, T. 2021 Apa Itu Kesehatan Mental & Pentingnya Kesehatan Mental, Gramedia Blog

Devita, Y. 2020. "Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Masalah Mental Emosional Remaja" Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.

Nasrun, Faisal. (2016) Pola Asuh Orang Tua dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal An-Nisa

Yulia. Palupi. 2015.Digital Parenting Sebagai Wahana Terapi Untuk Menyeimbangkan Dunia Digital Dengan Dunia Nyata Bagi Anak. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta.

Dewi, Kartika. Sari. 2012. Buku ajar kesehatan mental.

Fakhriyani, Diana Vidya. 2019 Kesehatan mental. Duta Media Publishing.

Wijaya, Yeni. Duriana. 2019. Kesehatan Mental di Indonesia: Kini dan Nanti. Buletin Jagaddhita.

Ridlo, I. A. 2020. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental.

Pakpahan, R. 2022. Analysis of the Effect of Vuca on Mental Health After the Covid-19 Pandemic. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing).

Utami, S. 2022. Smart Techno Parenting: Pendidikan Teknologi pada Anak di Era VUCA. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak.

Mulyadi, Mulyadi, and Lukman Yudho Prakoso. 2021. " OPTIMASI NILAI-NILAI PANCASILA DI ERA VUCA." Jurnal Inovasi Penelitian.

Wiguna, Tjhin. 2013. Masalah Kesehatan Mental Remaja di Era Globalisasi. Ikatan Dokter Anak Indonesia

Putra. D. Alvian. 2018.PEMBELAJARAN DI ERA VUCA (VOLATILITY, UNSERTAINTY, COMPLEXITY, AMBIGUITY). UN PGRI Kediri, Direktur Smart Training

Fatimah, Siti. 2023 " TRENDS AND IMPACTS OF CHILD MARRIAGE IN A PSYCHOLOGICAL PERSPECTIVES (Case Study in Tuban Regency)." Al Hakam: The Indonesian Journal of Islamic Family Law and Gender Issues.

Ningrum, F. S., & Amna, Z. 2020. Cyberbullying victimization dan kesehatan mental pada remaja. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental

Downloads

Published

2023-09-15