Masalah Kesejahteraan Sosial pada Pengemis Perempuan dan Anak

Authors

  • Alsa Apriani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ahmad Arfandi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Vetty Erista Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nasywa Syahira Oktaviani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.39

Keywords:

Kesejahteraan Sosial, Perempuan dan anak, Era VUCA

Abstract

Indonesia di era VUCA ini banyak mengalami tantangan dan permasalahan kehidupan sehingga mempengaruhi kesejahteraan sosial terutama untuk perempuan dan anak. Kesejahteraan sosial didefinisikan sebagai suatu kondisi yang wajib diwujudkan bagi seluruh warga negara dalam pemenuhan kebutuhan material, spiritual, dan sosial agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat secara langsung kondisi kesejahteraan sosial pada pengemis perempuan dan anak di Jalan Kapten Ahmad Rivai Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, sehingga wawancara dan observasi adalah alat utama dalam pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah kurangnya Kesejahteraan sosial pada pengemis Ibu dan anak karena suami dari pengemis tersebut tidak mempunyai penghasilan yang tetap dan tidak mencukupi biaya kebutuhan sehari-hari sehingga Ibu dan anaknya menjadi pengemis di jalan Kapten Ahmad Rivai kota Palembang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dari segi ekonomi dan sosial dapat mempengaruhi kesejahteraan sosial Ibu dan anak tersebut.

References

Anggriana, T. M., & Dewi, N. K. (2016). Identifikasi Permasalahan Gelandangan dan Pengemis di UPT Rehabilitasi Sosial Gelandangan dan Pengemis. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1).

Asyahbuddin, A. (2022). Welfare Society dalam Sistem Kesejahteraan Sosial di Indonesia. ICODEV: Indonesian Community Development Journal, 3(1), 31-39.

Bahri, Syamsul (2022). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Bercirikan Vuca, Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 3(2), 37-51.

Mulyadi, M., & Prakoso, L. Y. (2021). Mulyadi Optimasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Vuca. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 415–426. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.651

Piran, F. W., & Mardjono, H. A. (2022). Upaya Pemerintah dalam Mengatasi Pencegahan Pengemis dari Persepektif Undang-Undang Kesejahteraan Sosial. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 2(1), 604-618.

Putri, W. T. A. (2021). Menanggapi Fenomena Anak-Anak yang Mengemis dalam Perspektif Perkembangan Psikososial. BUANA GENDER: Jurnal Studi Gender dan Anak, 6(1).

Setiawan, H. (2020). Fenomena Gelandangan Pengemis Sebagai Dampak Disparitas Pembangunan Kawasan Urban dan Rural di Daerah Istimewa Yogyakarta. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(2), 361-375.

Downloads

Published

2023-09-15