Dampak Kecanduan Internet Pada Remaja Akhir

Authors

  • Andini Pratama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • M. Zidane Tolahna Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Putri Nabila Kurniasih Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Yola Septarena Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Lutfia Tejo Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.40

Keywords:

Kecanduan Internet, Remaja, Efek

Abstract

Kecanduan internet dapat dijabarkan sebagai penggunaan internet yang berlebihan. Kecanduan internet ini diakibatkan oleh remaja yang kurang bisa mengontrol dirinya yang menyebabkan timbulnya faktor kecanduan internet tersebut. Biasanya, remaja memiliki daya ingin tahu yang besar sehingga kerap membuatnya tidak bisa mengontrol diri saat menggunakan internet. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena kecanduan internet di kalangan anak muda khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menguraikan berbagai dampak kecanduan internet pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek peneltian adalah remaja akhir di daerah Silaberanti, Plaju. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara terperinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efek positif dan negatif yang terjadi bagi remaja yang kecanduan internet. Hasil penelitian ini juga menunjukkan dan menguraikan bahwa kecanduan internet lebih banyak efek negatif daripada efek positif.

References

Ariani, M. D., Supradewi, R., & Syafitri, D. U. (2019). Peran Kesepian Dan Pengungkapan Diri Online Terhadap Kecanduan Internet Pada Remaja Akhir. Proyeksi , 14 (1), 12-21.

Hakim, S. N., & Raj, A. A. (2017). Dampak Kecanduan Internet (Internet Addiction) pada Remaja. Prosiding Temu Ilmiah x Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia , 1, 280-284.

Mareta, H. R., Hardjono, H., & Agustina, L. S. (2020). Dampak Pola Komunikasi Keluarga Laissez-Faire Terhadap Kecanduan Internet Pada Remaja di Kota Surakarta. Indigenous , 5 (1), 44-53.

Rini, M. K., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah , 5 (1), 185-194.

Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia , 3 (2), 110-117.

Downloads

Published

2023-09-20