Faktor Yang Melatarbelakangi Penyalahgunaan Narkoba Dan Dampak Penyalahgunaan Narkoba Dalam Perspektif Psikologi Islam

Authors

  • Latifatul Husna Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nyimas Ayu Nurdewi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Doea Afrah Ananda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Zanjabila Rahma Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sulastri Universitas Negeri Padang
  • Dewi Nur Fathonah Universitas Sriwijaya
  • Enjelica Universitas Gajah Mada
  • Malta Tsaniyah Universitas Islam Indonesia
  • Dodi Reza Anugrah Universitas Al – Azhar Cairo

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.49

Keywords:

Faktor penyalahgunaan Narkoba, Dampak Psikologis, Rehabilitas

Abstract

Penyalahgunaan Narkoba di kalangan anak muda merupakan aksi yang tidak sesuai dengan norma dan nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat. Penyimpangan terjalin apabila seorang ataupun sekelompok orang tidak mematuhi norma ataupun nilai yang berlaku dalam masyarakat. Alasan pembentukan penggunaan narkoba pada anak muda disebabkan oleh beberapa aspek, yaitu : aspek internal maupun eksternal. Aspek internal berasal dari orang, tempat, sisi batin dalam diri orang itu sendiri. Disisi lain aspek eksternal berasal dari luar diri seseorang/pemuda yang mempengaruhi perkembangannya kecanduan narkoba. Kecanduan narkoba atau fase addict seseorang dapat diartikan sebagai fase yang atau situasi dimana seseorang sudah tidak bisa melepaskan diri dari penggunaan narkoba tersebut,Sehingga penggunaan narkoba tersebut berdampak pada psikologis seseorang, seperti memanipulasi mood dan perilaku, otak bekerja lebih keras, sering mengalami halusinasi. Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang penggunaan narkoba dari salah satu subjek di Tempat Rehabilitas Narkoba Ar – Rahman, Tegal binangun Palembang. Metode penelitian yang dipakai adalah wawancara dan observasi serta didalami dengan metode Studi kasus.

References

Phahlevy, Rifqi Ridlo & Maghfiroh. 2019. Pergeseran Konsep Narkotika Dalam Sistem Hukum Indonesia. Res Judicata. Volume 2, Nomor 2. Halaman 259-275.

Umam, Nafi’ul Rois, DKK. 2016. Pendekatan Psikologis Dalam Upaya Mengatasi Kecanduan Penyalahgunaan Narkotika. Jurnal Keislaman Tasamuh. Vol. 4. No 1. Halaman 127-149.

Pradana, Adhi Dimas, DKK. 2019. Sosialisasi Jenis Dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan Pada Ikatan Pemuda Waru RW 05 Pemulang Barat, Tanggerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Purbanto, Hardy & Hidayat, Bahril. 2023. Sistematik Literature Review : Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam. Al-Hikmah : Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 20. No. 1.

Umam, Nafi’ul Rois, DKK. 2016. Pendekatan Psikologis Dalam Upaya Mengatasi Kecanduan Penyalahgunaan Narkotika. Jurnal Keislaman Tasamuh. Vol. 4. No 1. Halaman 127-149.

Utami, F. T. (2015). Penyesuaian diri remaja putri yang menikah muda. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 1(1), 11-21.

Soubar Usman, 2010, Penyalahgunaan Narkoba dan Upaya Penanggulanganya, Ngegel: Badan Narkotika, jawa Timur.

Pardede Safri, DKK. (2022). Pembinaan Warga Gereja Yang Kecanduan Narkoba Berdasarkan Matius 18:12-14 Suatu Studi Fenomenologi. Jurnal Universitas Advent Indonesia. Vol.11, No.1, pp. 88-98,2022.

Andriyani, J. (2016). Korelasi peran keluarga terhadap penyesuaian diri remaja. Jurnal Al- Bayan, 22(34), 39–52.

Sharma, B. (2012). Adjustment and emotional maturity among first yearcollege students. Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, (9)3, 32-37.

Downloads

Published

2023-11-26