Menurunnya Tingkat Belajar Mahasiswa Di Era VUCA

Authors

  • Muhammad Prayoga Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sepian Dista Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ayu Winarti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Novalinda Aprianti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Septiani Arvianti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Erta Dwi Junianti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Koimah Nurafifah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kurnia Zaitiwi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ria Amelia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.53

Keywords:

Mahasiswa, Pembelajaran, VUCA

Abstract

Penelitian ini hasil dari riset para penulis yang berjudul Menurunnya tingkat belajar mahasiswa diera vuca, dimana di era vuca ini lebih banyak hambatan dalam peningkatan pembelajaran pada mahasiswa. Vuca adalah era yang dimana masa perubahannya sangat cepat, mudah berubah yang tidak ada jaminan dan tidak pasti dalam keamanan dan kenyamanan karena adanya perubahan teknologi yang pesat dan dapat membuat kita ambigu dalam era tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal yang dapat berpengaruh dalam menurunnya  tingkat belajar pada mahasiswa diera vuca. Data tersebut dikumpulkan dengan cara diskusi bersama kelompok, juga dengan menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dilihat dari berbagai literatur yang menyatakan bahwa penurunan tingkat belajar mahasiswa diera vuca yang berpengaruh. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagaimana sudah dilakukannya tanya jawab dengan responden dilingkungan kampus bahwa era vuca dapat berpengaruh terhadap penurunan tingkat belajar mahasiswa.

References

Abu Ahmadi, Drs. H.2005.Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia.

Argaheni, Niken Bayu.2020. Sistematika Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya. 8(2), 99-108.

Atang Kusdinar, dkk.1992.Hakikat Hasil Belajar.(cetakan ke 2).Bandung. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Atrup, alvian D. Putra.2018. Pembelajaran di era vuca (volatility, unsertainty, complexity, ambiguty). Jurnal perbaikan kualitas pendidikan, 11 november.

Atrup, dan Putra, A. D.2018.Pembelajaran di era vuca (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity). Universitas Nusantara PGRI Kediri. Annur, S. dkk

Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., & Ardani, A.2020.Kecemasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67-82.

Dimyati dan Mudjiono.2009.Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gulo, W.2005.Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Gramedia.

Hendarso, P.2020.Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di perguruan tinggi menuju era vuca: studi fenomenologi pada perguruan tinggi swasta. Proseding Seminar Nasional, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Jakarta.

Iskandar.2012. Psikologi Pendidikan.Jakarta Selatan: Rineka Cipta

Jihad, Asep. Haris,Abdul.2012.Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kennedy, Posma Sariguna Johnson.2020. Tantangan Pendidikan Tinggi Menghadapi Perkembangan Teknologi Digital Dalam Era VUCA.disunting oleh Lis Sintha, Taat Guswantoro, Fery Tobing, Asri Purnamasari, dan Sipin Putra, 133–48. Jakarta: UKI Press.

Mishra, P., & Mehta, R.2017.What We Educators Get Wrong About 21st-Century Learning: Results of a Survey.Journal of Digital Learning in Teacher Education, 33(1), 6–19.

Mujianto, H.2019.Pemanfaatan youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.

Ratna Wilis Dahar, Dr.2002.Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Risdianto, Eko. 2019. Kepemimpinan Dalam Dunia Pendidikan di Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. M.Cs Universitas Bengkulu.

Sugiyono.2008.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Cetakan ke 6).Bandung. Alfabeta.

Sormin, AS, dan Mulyani, H.2022.Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa pada Masa Pembelajaran Berani.Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) , 4 (6), 9881–9887.

Syah,Muhibbin.2012.Psikologi Belajar.Jakarta: Rajawali Pers.

Zulfahmi.2013. Indikator pembelajaran aktif dalam konteks pengimplementasian pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (pakem).Jurnal Al Ta’lim, 1(4), 278-284.

Downloads

Published

2023-11-27