Kesiapan Mahasiswa Tingkat Akhir Menghadapi Dunia Kerja

Authors

  • Anggi Pratiwi Yulanda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Bagus Wahyu Alamsyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Cessha Sundari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dia Anjlia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dwi Nopiyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Intan Mayang Sawitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Lisa Ayu Padila Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rada Yulia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Supita Anggraini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Viola Delita Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.55

Keywords:

Mahasiswa, Kerja, Kompetensi

Abstract

Penelitian ini berjudul "Kesiapan Mahasiswa Tingkat Akhir Menghadapi Dunia Kerja". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan diri mahasiswa tingkat akhir yang nantinya akan menghadapi dunia kerja setelah menyelesaikan masa perkuliahannya S1 di UIN Raden Fatah Palembang dengan dilihat dari konsep diri dan potensi dari mahasiswa tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa/i tingkat akhir di UIN Raden Fatah Palembang dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja tergantung pada konsep diri dan kompetensi mahasiswa itu sendiri, sehingga terlihat dari hasil penelitian bahwa mahasiswa menyiapkan diri dengan menentukan target dan tujuan sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki setelah lulus dari perkuliahan.

References

Agustie, C. S., & Widodo, B. (2019). Perencanaan karir ditinjau dari konsep diri dan potensi diri.

Educatio Vitae, 6(1).

Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127-134.

Baiti, R. D., Abdullah, S. M., & Rochwidowati, N. S. (2017). Similiaruty artikel: Career Self-Efficacy Dan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Psikologi Integratif, 5(2), 128- 141.

Dinata, M. (2014). Peran konsep diri dan kesiapan kerja terhadap kecemasan mahasiswa tingkat akhir dalam menghadapi dunia kerja (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Hanim, L. M., & Ahlas, S. A. (2020). Orientasi masa depan dan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 41-48.

Kurniawan, M. Z. (2022). Kenali dan Temukan Potensi dalam Diri: Penerapan Proses Pengenalan Potensi Diri pada Mahasiswa. Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM), 3(2), 207-217.

Kurniawan, M. U. (2020). Analisis Kesiapan Kerja Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Ditinjau Dari Soft Skills Mahasiswa. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 109-114.

Nugroho, FW, & Karyono, K. (2014). Hubungan hardiness dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Empati , 3 (3), 76-84.

Rachmawati, R., & Sulianti, W. M. (2018). Kesiapan mahasiswa tingkat akhir menghadapi dunia kerja ditinjau dari konsep diri dan kompetensi yang dimiliki. PSIKOVIDYA, 22(2), 190-196.

Sari, D. Y., & Astuti, T. P. (2014). Kecemasan dalam menghadapi dunia kerja ditinjau dari konsep diri pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Empati, 3(4), 131-142.

Downloads

Published

2023-11-27