Menjaga Kesehatan Mental di Era VUCA: Peran Pendidikan dalam Mencegah Kecanduan Teknologi

Authors

  • Risma Septiani Wahyu Kurnia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Alevri Meylinda Fauzima Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Putri Oktaviana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Aisyah Maharani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rana Rani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nyiayu Nabilah Choiril Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Hesti Tri Anjani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rahmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Islahudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.62

Keywords:

Kesehatan Mental, Pendidikan, Teknologi

Abstract

Artikel ini membahas mengenai kesehatan mental di era VUCA yang menunjukkan peran pendidikan dalam menangani kecanduan teknologi, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan menangani kecanduan teknologi dalam menjaga kesehatan mental di era VUCA. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada jenis penelitian studi kasus dan pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dengan responden mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang program studi Bimbingan dan Penyuluhan islam. Hasil dari penelitian ini memuat kesimpulan bahwa Era VUCA ini sangat berpengaruh pada kesehatan mental individu terutama dalam dunia pendidikan. Perubahan yang sangat drastis membuat individu dituntut agar dapat mengikuti perubahan zaman dengan media teknologi. Teknologi berperan penting dalam dunia pendidikan, sehingga Era VUCA membawa dampak kecanduan teknologi dalam pendidikan. Sehingga, penelitian ini akan membahas mengenai seberapa besar peran pendidikan dalam menangani kecanduan teknologi yang berdampak pada kesehatan mental.

References

Pristiwanti, Desi, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 5. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498

Rahayu, Komang Novita Sri. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).

Utami, Sari. (2022). Smart Techno Parenting: Pendidikan Teknologi pada Anak di Era VUCA. Jurnal An-Nisa’, 15(2).

Widiyono, Aan & Izzah Millati. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching, 2(1)

Downloads

Published

2023-11-30