Pengaruh Pola Asuh Single Mother Terhadap Anak Secara Psikologis Di Era Vuca

Authors

  • Heryanitasari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Athiyyah Syafitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sakinah Mardhotillah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tri Seftian Fajarin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Alfia Putri Yuliani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Puspita Wulandari Al-Qur’an Karim University
  • Lia Natalia University of Cairo Mesir
  • Naifah Safa Zafira Agung Universitas Sriwijaya
  • Andreas Dogeru Prayoga Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Yuniar Hasana Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.66

Keywords:

Single Mother, Perempuan dan Anak, Pola Asuh

Abstract

Orang tua memiliki peran masing-masing dalam keluarga, tetapi peran dapat berubah ketika orang tua berpisah. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya faktor perceraian yang berdampak pada pola asuh dan aspek psikologis anak. Adapun Status single parent pada ibu dikenal dengan istilah single mother. Ibu tunggal dapat menghadapi banyak masalah, dan mengetahui kesejahteraan psikologis ibu tunggal sangat penting karena berpengaruh terhadap kesejahteraan keluarga dan anak. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana pola asuh single mother terhadap anak, 2) Bagaimana dampak dari pola asuh tersebut terhadap psikologis anak, dan 3) Bagaimana keadaan psikologis single mom dalam menerapkan pola asuh tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini didasarkan pada metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi dalam pengumpulan data dan informasinya. Subjek dari penelitian ini adalah seorang single mother (BN) yang berada didaerah sukarami km 12, Palembang dan memiliki seorang anak laki-laki (RD) berusia 5 tahun. Hasil menunjukan bahwa 1) Pola asuh yang digunakan adalah permisif dimana subjek seorang single mom yang menyayangi anaknya,apapun yang diminta sang anak subjek berusaha untuk memenuhi kebutuhan anak dan sering memanjakanya karena subjek berfikir anaknya harus tercukupi kasih sayangnya walaupun tanpa sosok ayah. 2) Dampak pola asuh permisif ini adalah anak sering mengabaikan hal kecil seperti menaruh mainan setelah bermain,memakai sepatu atau sandal sendiri,anak juga mudah marah ketika keinginanya tidak terpenuhi. 3) Keadaan psikologis single mom dalam menerapkan pola permisif sering mengalami stres ketika anak meminta dibelikan mainan atau barang  namun keungan tidak mencukupi dan anak memintanya  dihari itu

References

Anggraini, H., Arni, A., & Yantri, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Tunggal Ibu dengan kematangan Emosi dan Keterampilan Sosial pada Anak Pra Sekolah usia 4-6 tahun di PAUD Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas, 8 (4), 115-119.

Ayunin, R. Q. (2022). Pola Asuh Single Mother dalam Membentuk Akhlak Anak di Dusun Pelabuhan Kabupaten Mojokerto. (Skripsi Sarjana, IAIN Kediri).

Bakar, A., Martunis, Y., & Indri , S. (2020). Analisis Manajemen Konflik Single Mother dalam Pola Pengasuh Anak. Jurnal Bimbingan Konseling, 5 (1), 12.

Massa, N., Rahman M.., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal of Community Empowerment, 1 (1), 12.

Nur, R. F. (2021). Pola Asuh Ibu Tunggal dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini (Studi Deskriptif pada Anak Usia 4 - 6 Tahun). Journal for Gender Studies, 13 (1), 88-99.

Olivia, H., & Meriko, C. (2019). Kesejahteraan Psikologis Perempuan yang Berperan Ganda. Jurnal Psikologi Unsyiah, 2 (1).

Pangestu, V. S., & Falasifatul, F. (2018). Resiliensi Single Mother Pasca Perceraian. Journal Psikolgi, 13 (1) , 70.

Rahman, H. A. (2014). Pola Pengasuhan Anak yang Dilakukan oleh Single Mother: Kajian Fenomenologi tentang Pola Pengasuhan Anak yang Dilakukan oleh Single Mother di Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo (Skripsi sarjana, Universitas Sebelas Maret)

Sari, D. R., & Amelia, Z. R. (2019). Peran Orang Tua pada Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 6.

Suprihatin, T. (2018). Dampak Pola Asuh Orang Tua Tunggal (Single Parent Parenting) terhadap Perkembangan Remaja. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula (pp. 145-160). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung .

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kenakalan Remaja. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4 (1), 27.

Syuhada, Indra. (2016). Peranan Pola Asuh Single Parent Terhadap Perkembangan Sosial Anak: Studi Kasus Keluarga Single Parent di Desa Tangkilkulon Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. (Skripsi sarjana, Universitas Negeri Semarang)

Usdansky, Margaret L. (2003). Single-Parent Families and their impact on children: changing portrayals in popular magazines in the U.S., 1990-1998*. No. 03-04 Hal. 1-44.

Utami, N. P. (2018). Keberahanan Perempuan Simalanggang Menjadi Single Mother. Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 6 (1), 29.

Downloads

Published

2023-11-30