Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Remaja yang Kecanduan Game Online

Authors

  • Lola Kurniasari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rizka Amaliah Putri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ines Yopanda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tian Yolanda Puspitasari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Shadam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rati Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sinta Dianti IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Muhammad Paris Alfarizi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Wirandi Nabila Risky University Al-Qura’an Karim
  • Serli Sapitri Ercuyes Universitesi Keyseri

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.70

Keywords:

Game Online, Remaja, Motivasi belajar

Abstract

Perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin pesat, dapat berdampak serta memberi pengaruh kepada remaja, sehingga membuat beberapa masalah diantara adalah remaja menjadi malas belajar, waktu belajar menjadi berkurang, jadi sering tidak membuat tugas yang diberikan, kurang fokus ketika guru menjelaskan, tidak siap menerima materi yang disampaikan, prestasi belajar menjadi menurun dan membuat orang tua semakin resah atas perkembangan teknologi terutama pada permainan game online. Saat ini game online merupakan salah satu permainan yang banyak digemari oleh semua orang, diantaranya remaja yang sedang menempuh pendidikan sekolah menjadi kecanduan bermain game online sehingga dapat berimbas pada motivasi belajarnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subjek remaja didalam café. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan tiga orang remaja yang kecanduan internet. Tujuan peniltian ini untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar pada remaja dan untuk mengetahui motivasi belajar remaja yang kecanduan game online.

References

Andriani, R., & dkk. (2019). motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. jurnal pendidikan manajemen perkantoran, vol.4 no.13-6.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Vol. 3 (2) 3-6.

Harahap, J. Y. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. Jurnal Edukasi, 2-7.

irawan, s., & dkk. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan game online peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 3-8.

Juni, S., & dkk. (n.d.). Pengaruh Kecanduan Media Sosial Terhadap Prestassi Belajar Mahasiswa Asrama Do Sekolah Tinggi Filsafat JaffRay Makasar. 2-6.

Odang, G. L. (2020). Dampak game online terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sosiologi FIspol Unsrat. Jurnal Holistik, Vol. 13 no. 22-7.

pratiwi, r. g., & dkk. (n.d.). faktor yang mempengaruhi kecanduan dadget terhadap perilaku remaja. jurnal ilmiah , Volume 15(2) 2-6.

Putri, S. (2020 Volume 3 Nomor 2). PEMANFAATAN INTERNET UNTUK MENINGKATAN MINAT BACA MAHASISWA PLS di IKIP SILIWANGI. Jurnal Comm-Edu, 1-3.

Utami, P. (2018). Model Pengasuhan Anak Terkait Penggunaan Internet di Asia. 1-5.

utami, P., & dkk. (n.d.). Model Pengasuh Anak Terkait Penggunaan Internet Di Asia. Vol 2 2-3.

Yuliani, W., & dkk. (2018). motode penelitian deskriptif dalam perpektif bimbingan dan konseling. jurnal quanta, Vol. 2 No.2 2-6.

Downloads

Published

2023-11-30