Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Remaja yang Kecanduan Game Online
DOI:
https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.70Keywords:
Game Online, Remaja, Motivasi belajarAbstract
Perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin pesat, dapat berdampak serta memberi pengaruh kepada remaja, sehingga membuat beberapa masalah diantara adalah remaja menjadi malas belajar, waktu belajar menjadi berkurang, jadi sering tidak membuat tugas yang diberikan, kurang fokus ketika guru menjelaskan, tidak siap menerima materi yang disampaikan, prestasi belajar menjadi menurun dan membuat orang tua semakin resah atas perkembangan teknologi terutama pada permainan game online. Saat ini game online merupakan salah satu permainan yang banyak digemari oleh semua orang, diantaranya remaja yang sedang menempuh pendidikan sekolah menjadi kecanduan bermain game online sehingga dapat berimbas pada motivasi belajarnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subjek remaja didalam café. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan tiga orang remaja yang kecanduan internet. Tujuan peniltian ini untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar pada remaja dan untuk mengetahui motivasi belajar remaja yang kecanduan game online.
References
Andriani, R., & dkk. (2019). motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. jurnal pendidikan manajemen perkantoran, vol.4 no.13-6.
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Vol. 3 (2) 3-6.
Harahap, J. Y. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. Jurnal Edukasi, 2-7.
irawan, s., & dkk. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan game online peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 3-8.
Juni, S., & dkk. (n.d.). Pengaruh Kecanduan Media Sosial Terhadap Prestassi Belajar Mahasiswa Asrama Do Sekolah Tinggi Filsafat JaffRay Makasar. 2-6.
Odang, G. L. (2020). Dampak game online terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sosiologi FIspol Unsrat. Jurnal Holistik, Vol. 13 no. 22-7.
pratiwi, r. g., & dkk. (n.d.). faktor yang mempengaruhi kecanduan dadget terhadap perilaku remaja. jurnal ilmiah , Volume 15(2) 2-6.
Putri, S. (2020 Volume 3 Nomor 2). PEMANFAATAN INTERNET UNTUK MENINGKATAN MINAT BACA MAHASISWA PLS di IKIP SILIWANGI. Jurnal Comm-Edu, 1-3.
Utami, P. (2018). Model Pengasuhan Anak Terkait Penggunaan Internet di Asia. 1-5.
utami, P., & dkk. (n.d.). Model Pengasuh Anak Terkait Penggunaan Internet Di Asia. Vol 2 2-3.
Yuliani, W., & dkk. (2018). motode penelitian deskriptif dalam perpektif bimbingan dan konseling. jurnal quanta, Vol. 2 No.2 2-6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lola Kurniasari, Rizka Amaliah Putri, Ines Yopanda, Tian Yolanda Puspitasari, Shadam, Rati, Sinta Dianti, Muhammad Paris Alfarizi, Wirandi Nabila Risky, Serli Sapitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.