Pengaruh Komunikasi Dan Stres Pada Pasangan Yang Telah Menikah Perpustakaan Universitas Islam Raden Fatah Kampus B

Authors

  • Anis Marceleni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Aisyah Bahiyyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ayu Amelia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Putri Wulandari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Jhoni Wijaya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.74

Keywords:

Menikah, Komunikasi, Stres

Abstract

Pernikahan adalah jenjang kehidupan yang sangat rumit dimana menggabungkan 2 individu antara laki-laki dan Perempuan yang berbeda latar belakang, kepribadian, pemikiran, dll. Konflik dalam rumah tangga tidak diragukan Lagi memiliki efek fisik dan psikologis pada kedua atau salah satu pasangan yang dapat menyebabkan stres atau Tekanan. Stres pernikahan bisa dihasilkan dari faktor eksternal dan internal. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui dampak dan pengaruh komunikasi dan stres pada pasangan yang telah menikah. Adapun penelitian Ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode wawancara serta observasi sebagai cara untuk Pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang staf di lingkungan Perpustakaan Kampus B Universitas Islam Raden fatah Palembang yang terbagi menjadi 2 dewasa perempuan dan 2 dewasa laki-laki yang Telah menikah.

References

Arkandito, G. F. (2016). Komunikasi Verbal Pada Anggota Keluarga yang Memiliki Anak Indigo. Jurnal Manajemen Komunikasi, Vol 1 No 1.

Dewil, E. M. (2008). Konflik Perkawinan dan Model Penyelesaian Konflik Pada Pasangan Suami Istri. Jurnal Psikologi Volume 2, No 1.

Kendhawati Lenny, F. D. (2019). Hubungan Kualitas Pernikahan dengan Kebahagiaan dan Kepuasan Hidup Pribadi: Studi Pada Individu dengan Usia Pernikahan Dibawah Lima Tahun di Bandung. Jurnal Psikologi Vol. 18 No.1, 106-115.

Marheni, A. K. (2019). Komunikasi Interpersonal dalam Pernikahan . Jurnal Of Counseling and Personal Development Vol.1 No.1.

Rubin, H. &. (2020). Qualitative Interviewing: The Art Of Hearing Data. SAGE Publications.

Downloads

Published

2023-11-30