Kecanduan K-Pop (Korean Pop) pada Remaja

Authors

  • Afrinda Cahyantika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Yesi Widya Inka Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ahmad Saleh Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Gilang Firmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.76

Keywords:

kecanduan, k-pop, remaja

Abstract

Pada era VUCA ini, perkembangan teknologi turut berkembang dengan sangat cepat. Orang-orang dapat semakin mudah dalam mengakses internet dan media sosial. Dengan adanya media sosial, orang-orang tidak perlu pergi ke suatu tempat jika ingin melihat sesuatu yang diinginkannya. Saat ini, manusia dapat dengan mudah melihat apa yang diinginkannya hanya melalui media sosial, yang dapat diakses melalui smartphone. Bahkan kita dapat mengetahui berbagai informasi dari negara bagian lain melalui sosial media, kapanpun dan di manapun. Salah satu informasi yang didapatkan dari media sosial ialah budaya Korean Pop (K-Pop), yang merupakan jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. K-Pop tidak hanya soal musik, tetapi lebih terasosiasikan K-Pop dengan semua budaya asal korea.  Korean pop merupakan budaya yang populer di Korea Selatan hingga tersebar ke berbagai dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri banyak remaja yang menggemari Korean pop. Banyak yang didapat dari beberapa remaja yang menganggap budaya lokal lebih disukai, namun mereka tidak ingin ketinggalan mengikuti perkembangan sebagai penggema budaya K-Pop. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecanduan Korean pop pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi kepada subjek.

References

Ayunita, T. P., & Andriani, F. (2018). Fanatisme remaja perempuan penggemar musik k-pop.

Kim, J., & Seo, Y. (2015). The influence of social interaction, online presence, and psychological well-being on the use of Korean pop culture among American youth. Journal of Children and Media, 9(2), 226-242.

Kwon, H. J., & Cho, H. (2013). The influence of K-pop fandom on young people's cultural practices. Young, 21(2), 111-129.

Petry, N. M. (2018). Behavioral addictions: DSM-5 and beyond. Oxford University Press.

Downloads

Published

2023-11-30