Analisis motivasi belajar siswa dalam menghadapi pendidikan pasca COVID-19 di era VUCA

Authors

  • Fadhil Maulana Afkhar Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Najwa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Alifia Rosyada Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rehni Sukmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Alifa Salsabila Universitas Muhammadiyah Malang
  • Alvia Monica Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang
  • Bahita Universitas Bina Darma Palembang
  • Addiyan Muhammad Zhilal Afyon Kocatepe University Turki
  • Fikri El Gibran Al Azhar University Cairo Egypt
  • Rafif M.Harrisla Sivas Cumhuriyet üniversitesi Turkey

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.77

Keywords:

Motivasi belajar, Siswa, Pendidikan, Pasca COVID-19

Abstract

Motivasi belajar adalah sesuatu yang memacu seseorang yang menimbulkan kegiatan belajar. Motivasi belajar sangat penting untuk keberlangsungan belajar siswa. Dalam suatu pendidikan, motivasi belajar saling berpengaruh atau saling berkaitan. Pandemi COVID-19 melanda hampir semua negara-negara di dunia dan juga di Indonesia. Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap pendidikan seperti pembelajaran yang dialihkan menjadi belajar di rumah melalui aplikasi zoom, google classroom dan lain-lain, Sehingga setelah pasca COVID-19 membuat siswa berangsur-angsur belajar seperti semula atau belajar di sekolah kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam menghadapi pendidikan pasca COVID-19 di era VUCA. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam menghadapi pendidikan pasca COVID-19 di era VUCA yaitu motivasi belajar siswa sudah baik, Siswa menjadi lebih bersemangat ketika belajar di sekolah karena dapat berinteraksi langsung dengan guru, teman, dan dapat bertanya langsung kepada guru ketika ada pembelajaran yang sulit dipahami. Jadi dapat disimpulkan motivasi belajar siswa dalam menghadapi pendidikan pasca COVID-19 di era VUCA sudah baik.

References

Bahri, S. (2022). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Era Bercirikan Vuca. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 3(2), 37-51.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Oktafiani, I. S., & Muhtarom, Y. (2022). Pendidikan Karakter: Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Kepribadian Siswa Pasca Pandemi Covid-19. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(2), 1-15.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Susanto, N. H., & Lestari, C. (2018). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David. EDUKASIA ISLAMIKA Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 184-202.

Uno, H. B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widyasari, N. F. (2022). Strategi Pelaksanaan Tatap Muka (Pembelajaran Luring) Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development Researches, 2(4), 153-161.

Downloads

Published

2023-11-30