Pengaruh Pernikahan Dini terhadap Perekonomian Keluarga pada Era VUCA

Authors

  • Zahra Pebiana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Shabirah Azalia Syahrul Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Naftila Dzil Aida Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Gilang Tri Aziz Irawan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kania Putri Amelia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ega Prameswari Universitas Sriwijaya
  • Gusti Fajrin Universitas Baturaja
  • Septri Lestari STP Trisakti
  • Rahma Ramadhani Al Azhar University of Cairo Mesir
  • Lee Jae Young Dongei University

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.78

Keywords:

Pernikahan usia dini, Perekonomian keluarga

Abstract

Pernikahan merupakan suatu kegiatan yang merubah suatu hal yang haram menjadi halal dengan syarat sah  sebuah pernikahan tersebut terpenuhi, tetapi yang menjadi fenomena di indonesia, terjadinya angka pernikahan yang tinggi pada pernikahan usia muda. Hal ini dikarenakan ada sebagian pemikiran dari masyarakat bahwa menikahkan anaknnya dengan cepat maka tidak perlu lagi menafkahi anaknya tersebut, melepas tanggung jawab sebagai orang tua apabila anaknya adalah perempuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus pernikahan muda yang terjadi di kalangan remaja. Pernikahan muda terjadi karena berbagai faktor, diantaranya faktor ekonomi, pergaulan bebas, maupun rendahnya tingkat pendidikan. Pernikahan muda rentan melahirkan keluarga yang  miskin karena rendahnya pendidikan sehingga rendah pula akses pekerjaan yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan dari pernikahan usia muda terhadap perekonomian kelurga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah pasangan yang menikah usia dini umur 16 - 19 tahun.

References

Apriliani, F. T., & Nurwati, N. (2020). Pengaruh Perkawinan Muda terhadap Ketahanan Keluarga. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 91-93.

Khaerani, S. N. (2019). Faktor Ekonomi dalam Pernikahan Dini pada Masyarakat Sasat Lombok. Pusat studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Mataram, 13(1), 1-6.

Sandya, V. P., & Sodik, M. A. (n.d.). Pengaruh Status Ekonomi Keluarga terhadap Motif Menikah Dini.

Syalis, E. R., & Nurwati, N. (2020). Analisis Dampak Pernikahan Dini terhadap Psikologis Remaja. Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 31.

Yanti, Hamidah, & Wiwita. (2018). Analisis Faktor Penyebab dan Dampak Pernikahan Dini di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Jurnal Ibu dan Anak, 6(2), 2018.

Downloads

Published

2023-11-30