EFEKTIVITAS TERAPI ZIKIR DALAM MENGONTROL EMOSI

Authors

  • Sulastri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nyanyu Hanun Billah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mayang Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nur Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Shofia Nurohmah Universitas Sriwijaya Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cpbs.v3i.183

Keywords:

Islamic Psichotrapy, Mental health

Abstract

Mental health is one of the important variables determining human health. The importance of mental health has
encouraged a lot of research to determine the determinants of mental health. Research shows that religion is a fairly
good modality for promoting mental health in Indonesia, one of which is in the form of Islamic psychotherapy, using
dhikr-based methods. Much research has been conducted on Islamic psychotherapy in Indonesia, but shows
inconsistent results. The hypothesis in this research is that Islamic psychotherapy is effective for improving mental
health.

References

Aini, P. F., & Rosyad, R. (2019). Khalwat dalam mengendalikan emosi. Syifa Al-Qulub, 3(2), 53-64.

Al Ghazali. (1984). Ihya Ulumuddin Bab Ajaibu Qolbi, Terj. Ismail Yakub, Jilid 4, Jakarta: Tirta

Mas.

Alfita, M. (2018). Pengaruh Terapi Dzikir Terhadap Kontrol Diri (Studi Kasus Pada Remaja Di

LPKA Kelas 1 Blitar).

Anisah, N. (2023). Teknik Anchor Dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil Untuk Mengatasi

Kecemasan Akan Kematian Pada Pasien Di Klinik Hipnoterapi Kota Pekalongan (Doctoral

dissertation, UIN. KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).

Aushafi, F., & Psikoterapi, J. T. D. Pengaruh Dzikir Terhadap Ketenangan Jiwa Pedagang Pasar

Johar Pasca Kebakaran Skrips

Agiesta Putri Sanjani, A. (2023). Pengaruh Terapi Seft Dan Dzikir Terhadap Tingkat Stress Pada

Pasien Hipertensi Di Rw 09 Wonoboyo Wonogiri (Doctoral Dissertation, Universitas Kusuma

Husada Surakarta).

Aziz, R., & Hotifah, Y. (2003). Hubungan Dzikir dengan Kontrol Diri pada Manula. el Harakah:

Jurnal Budaya Islam, 5(1), 51-59.

Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ).

Jakarta: Arga.

Anindiati, Q. (2014). Hubungan Konflik Individu Dalam Organisasi Dengan Kesejahteraan

Psikologis Karyawan Di Tempat Kerja.

Akhyadi, & Kaswan. (2015). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta. Psikologis

Karyawan Di Tempat Kerja.

Apollo, & Cahyadi, A. (2012). Konflik Pera n Ganda Perempuan Menikah yang... Gambaran

kesejahteraan psikologis pada dewasa muda yang pernah menjadi anak panti asuhan (Studi

Kasus SPWB pada 3 orang Depok: Fakultas Psikologi UI.

Baqutayan, S., M., S. (2011). Aninnovative islamic counseling. International Journal of Humanities

and Social Science, 1( 21), 178-183

Hawari, D. (2012). Riset Al Quran & Psikologi: Doa dan dzikir sebagai penyembuhan Penyakit.

Diunduh dari http://terapi. dzikrullah. org/ pada tanggal 14 oktober 2016.

Ibrahim, B. (2003). Spiritual medicine in the history of islamic medicine. Journal of the Internasional

Society for the History of Islamic Medicine, 2,(4) 45-49

Kumala, O. D., Kusprayogi, Y., & Nashori, F. (2017). Efektivitas pelatihan dzikir dalam

meningkatkan ketenangan jiwa pada lansia penderita hipertensi. Psympathic: Jurnal Ilmiah

Psikologi, 4(1), 55-66.

Looker, T., & Gregson, O. (2005). Managing stress. Yogyakarta : BACA.

Mustary, E. (2021). Terapi relaksasi dzikir untuk mengurangi depresi. Indonesian Journal of Islamic

Counseling, 3(1), 1-9.

Nurhayati, D. F. (2016). Pengaruh Dzikir Asmaul Husna Terhadap Aktualisasi Diri Jama’ah Majelis

Dzikir Asmaul Husna Masjid Jami’Desa Tawangsari. Skripsi.

Prayitno, S., H.(2015). Doa dan dzikir sebagai metode menurunkan depresi penderita dengan

penyakit kronis. Naskah Publikasi. Malang : Universitas Muhamadiyah Malang

Restubog, S., Ocampo, A., & Wang, L. (2020). Taking control amidst the chaos: Emotion regulation

during the COVID -19. Journal of Vocational Behavior .

Rihlati, W. M., & Noviati, N. P. (2018). Hubungan Antara Keseja hteraan Psikologis dan

Keterikatan Kerja pada Pegawai Pemerintahan. Yogyakarta: FAKULTAS PSIKOLOGI DAN

ILMU SOSIAL BUDAYA UNIVERSITAS ISLAMINDONESIA.

S. M. S. S. (2012). "The Effects of Positive Thinking on Emotional Intelligence". International

Journal of Islamic and Middle Eastern Studies, 4(2), 21-28.

Samsidar, S. (2020). Doa sebagai Metode Pengobatan Psikoterapi Islam. Al-Din: Jurnal Dakwah dan

Sosial Keagamaan, 6(2).

Siti Ainun Mardiah (2022). Fadhilah Zikir Dalam Pengendalian Emosi Ditinjau Dari Kitab

Tazkiyatun Nafs Karangan Said Hawa. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

S. M. S. S. (2012). "The Effects of Tawakkul, Dzikir, and Tatkhatul Akhlaq on Emotional

Intelligence". International Journal of Islamic and Middle Eastern Studies, 4(1), 1- 10.

Shihab, M. Q. (2008). Wawasan Al-Quran tentang dzikir dan do’a (Cetakan III). Jakarta: Penerbit

Lentera Hati.

Sucinindyasputeri, R. (2017). Pengaruh terapi zikir terhadap penurunan stres pada mahasiswa

magister profesi psikologi. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 30-41.

Sarafino, E. P. (1998). Dukungan Sosial. Repository UIN-Suska.

Oktavika erinda pradina putri (2024). Terapi Zikir dalam Pengendalian Emosi Siswa di Sekolah

Menengah Kejuruan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

Downloads

Published

2024-08-10