Dakwah Islam Melalui Media Sosial Sebagaisarana Pendidikan

Authors

  • Puji Yati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Melliza Putri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Septa Yulia Putri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Jovita Junia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ria Susanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amanda Clara Natalia UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANGFAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI

DOI:

https://doi.org/10.61994/cdcs.v2i1.85

Keywords:

Dakwah, Media Sosial, Da’i, Pendidikan, Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki korelasi antara penggunaan sosial media dan dakwah Islam dalam konteks digital. Sosial media, sebagai fenomena global, telah memainkan peran yang semakin penting dalam menyebarkan informasi dan memfasilitasi interaksi antarindividu. Bagaimana sosial media dapat dimanfaatkan sebagai alat efektif untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah Islam menjadi fokus utama penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan memadukan metode analisis konten, survei online, dan studi kasus terhadap akun-akun dakwah di platform sosial media, terutama Instagram. Dakwah merupakan gerakan yang menyeru, menyambut dan mengajak individu untuk menerima dan berserah diri kepada Allah SWT sesuai hikmah Islam. Dakwah melalui hiburan virtual berperan besar dalam terciptanya dakwah dan korespondensi antar individu. Karena dakwah Islam melalui hiburan virtual dapat menjadi perkembangan terkini dalam menyebarkan agama Islam kepada masyarakat pada umumnya. Pemanfaatan hiburan berbasis web memudahkan para penginjil untuk melebarkan sayap dakwahnya sendiri. Namun, dalam penggunaan media sosial ini terdapat perbedaan dengan dakwah secara konvensional. Maka dari itu, pemakaian media sosial sebagai sarana dakwah harus dilakukan dengan strategi yang tepat sehingga tujuan dakwah dapat di terima dengan baik. Media sosial dalam rangka dakwah merupakan pintu terbuka dan tantangan bagi para menteri untuk menciptakan dan memperluas cakrawala dakwah itu sendiri. Pemanfaatan hiburan berbasis web untuk tujuan melahirkan pelatihan ketat Islami mempunyai potensi yang luar biasa dalam menyebarkan pelajaran ketat kepada masyarakat. Dalam pandangan Islam, pemanfaatan hiburan virtual sebagai media merupakan sebuah pintu terbuka dan tantangan untuk menciptakan dan memperluas cakrawala dakwah Islam.

References

Andrianis, R., Anwar, M., & Zulwisli, Z. (2018). Suharsimi Arikunto (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika),6(1).

Aripudin, A. (2017). Sosiologi Dakwah. Remaja Rosdakarya.

Mahsyur, M. (2012). Fiqh Dakwah (12th ed.). Al-I‟tishom.

Sciences, H. (2016). Media sosial : Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi / Rulli Nasrullah ; editor, Nunik Siti Nurbaya (Vol. 4, Issue 1).

Subaidi, S. (2019). Manajemen Biaya Dan Sarana Prasarana Di SMA N 3 Pati Dan MA Silahul Ulum Asempatan Trangkil Pati. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 69–87.

Sumadi, E. (2016). Dakwah dan Media Sosial: Menebar kebaikan tanpa diskrimasi. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1).

Usman, F. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah. Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), 1(1).

Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 03(02).

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Dakwah Islam Melalui Media Sosial Sebagaisarana Pendidikan. (2023). Proceeding Conference on Da’wah and Communication Studies, 2(1), 50-56. https://doi.org/10.61994/cdcs.v2i1.85

Similar Articles

1-10 of 27

You may also start an advanced similarity search for this article.