Penerapan Prinsip Konseling Dan Psikotrapi Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Yang Menengah

Authors

  • Apriansyah Asgap Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Putri Ramayanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Suwandi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Irena Septiantena Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Oktavianti Soleha Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Zahra Anisya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cdcs.v2i1.86

Keywords:

Da'wah Message, Principles of Counseling and Psychotherapy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan prinsip konseling dan psikoterapi dalam menyampaikan pesan dakwah yang menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis teoritis dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip konseling dan psikoterapi dapat meningkatkan efektivitas penyampaian pesan dakwah, membantu individu untuk memahami nilai-nilai agama dengan lebih baik, dan memfasilitasi perubahan perilaku yang positif. Kesimpulannya, integrasi prinsip konseling dan psikoterapi dalam penyampaian pesan dakwah memiliki potensi besar untuk mencapai tujuan dakwah dengan lebih efektif dan membantu individu dalam pengembangan spiritualitas mereka. Dalam konteks ini, penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat membuka peluang baru untuk meningkatkan efektivitas dakwah di kalangan masyarakat menengah.

References

Arifin, H. M. (1997). Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi. Jakarta: Bulan Bintang.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Budiningsih, Asri. 2008. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa Dan Budayanya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Ancok, Djamludin dan Fuad Anshori.psikologi Islam “ Solusi Islam atas Problem – Problem Psikologi”. 1994. Pustaka Belajar : Yogyakarta .

Munir, Jamaludin. Psikologi Dakwah . 2006. Kencana: Jakarta. Mubarok, Achmad. Psikologi Dakwah. 1999. Pustaka Firdaus: Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Penerapan Prinsip Konseling Dan Psikotrapi Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Yang Menengah. (2023). Proceeding Conference on Da’wah and Communication Studies, 2(1), 1-4. https://doi.org/10.61994/cdcs.v2i1.86

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.