Psikoterapi Islam Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Karakter Pada Masa Modernisasi

Authors

  • Desti Agustin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fatima Hannani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nur Adilah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/cdcs.v2i1.102

Keywords:

Psikoterapi Islam, Pendidikan Karakter, Modernisasi

Abstract

Penulisan skripsi ini mendapati bahwa Pendidikan karakter pada masa modernisasi sangat memprihatinkan karena dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan teknologi, yang menyebabkan anak remaja cenderung kecanduan dengan gadget dan terpengaruh oleh budaya luar yang tidak pantas, sehingga berdampak buruk pada akhlak, mental, dan spiritual. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konsep psikoterapi Islam dan implikasinya dalam pendidikan karakter pada masa modernisasi, dengan merujuk pada karya Hamdani Bakhran Adz-Dzaky. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kajian pustaka atau library research, di mana data dan informasi dikumpulkan dari berbagai dokumen yang berkaitan dengan objek penelitian. Tujuannya adalah untuk mengatasi suatu masalah dengan melakukan penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Psikoterapi Islam merupakan bentuk penyembuhan atau pengobatan yang mengutip ajaran Al-Quran dan sunah dalam kehidupan, sehingga menghasilkan mental, akhlak, dan spiritual yang baik sebagai manusia pemimpin di muka bumi. Metode psikoterapi yang digunakan adalah Takhalli, Tahalli, dan Tajalli. 2) Implikasi psikoterapi Islam dalam pendidikan karakter pada masa modernisasi adalah melibatkan pendidikan dan bimbingan dengan menggunakan metode psikoterapi Hamdani Bakhran Adz-Dzaky yaitu Takhalli, Tahalli, dan Tajalli. Tiga metode ini merupakan penguat dalam pendidikan karakter, dan dengan konsep agama yang ditawarkan dalam psikoterapi Islam, dapat memberikan dampak positif bagi generasi emas yang berakhlak dan berakidah kuat.

References

Agustian, A. G. (2007). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual, ESQ (Emotional Spiritual Quotient): the ESQ Way 165 (1 ihsan 6 rukun iman dan 5 rukun islam). Arga.

Asry, L. (2019). Modernisasi dalam Perspektif Islam. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 10(2).

Anwar, S. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. IOSR Journal of Economics and Finance, 7(3), 29-35.

Bakran, A.D.H. (2015). Konseling dan Psikoterapi Islam Edisi Revisi, Yogyakarta: Al- Manar.

Bakran, A.D.H. (2008). Konseling dan Psikoterapi Islam. Jakarta: Al-Manar.

Damayanti, Deni. (2014). Panduan Implementasi pendidikan Karakter di Sekolah Teori dan Praktik Internalisasi Nilai. Yogyakarta: Araska.

I. P. I., dan Nizar, S. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Kemendiknas, T.P. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendiknas.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Muhadjir, Noeng. (1998). Metodologi Peneitian Kualitatif (Pendekatam Positivistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik, elaah Studi Teks dan Penelitian Agama). Yogyakarta: Rake Srasi.

Nasution. (2011). Metode Research Penelitian Ilmiah,Edisi I. Jakarta : Bumi Aksara Rahayu Iin Tri. (2009). Psikoterapi Perspektif Islam dan Psikologi Kontemporer.

Malang: UIN Malang Press.

Rosana, E. (2015). Modernisasi Dalam Perspektif Perubahan Sosial. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 10(1), 67-82.

Sukardi. (2010). Metodologi penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Tri Mashuri, Furqon. (2013). Konsep Psikoterapi Menurut Islam dan Implementasinya dalam Pendidikan Keluarga. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam UIN Sunan Kalijaga.

Uno, H. B. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulur, M. B. (2015). Psikoterapi Islam. Deepublish.

Zuchdi, D. (2015). Pendidikan Karakter, Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. UNY Press.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Psikoterapi Islam Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Karakter Pada Masa Modernisasi. (2023). Proceeding Conference on Da’wah and Communication Studies, 2(1), 87-94. https://doi.org/10.61994/cdcs.v2i1.102

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.