Dampak Doa Bagi Kesehatan Mental Pada Pemuda Muslim

Authors

  • Yulia Ningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Rahmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61994/cdcs.v1i1.18

Keywords:

Kesehatan Mental, Doa, Ibadah, Pemuda Muslim

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas doa di era teknologi yang beredar di kalangan pemuda muslim. Dimana pemuda muslim diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai keagamaan dikehidupan sehari-hari termasuk dalam menghadapi gangguan Kesehatan mental. Serta untuk mengetahui bagaimana seorang pemuda muslim mampu mengaplikasikannya secara baik di era teknologi demi kerjasama dalam hal Kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dimana kami mengumpul data dan melakukan penelaahan terhadap buku, literatur, catatan serta postingan-postingan dari pemuda muslim yang berkaitan dengan masalah yang ingin di pecahkan. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa sehat adalah suatu kondisi dimana kita dapat beraktifitas dengan lancar tanpa adanya hambatan. Sehat bukan hanya di peruntuhkan untuk fisik, namun juga untuk mental. Kesehatan mental maupun fisik dapat berpengaruh satu sama lain. Sebagaimana al-qur’an menjelaskan, untuk sehat hendaklah kita selalu dekat kepada sang pencipta. Para pakar Kesehatan biologis dan mental setuju jika dengan berdoa dan berdzikir dapat menjaga ataupun menyembuhkan penyakit mental/hati.

References

Yasipin, Silvia Ayu Rianti, Nurma Hidaya, Peran Agama dalam Membentuk Kesehatan Mental Remaja, Jurnal Manthiq, Vol V, No 1, 2020, hlm 25-29.

Musssuhartono & Mulyant, Terapi Religi Melalui Dzikir Pada Penderita Gangguan Jiwa. Journal Of Islamic Guidance And Counseling, Vol 02, No 02, 2018, hlm 201-2014.

Layla, Laras, Naura, Hera, Bahril, Peningkatan Kesehatan Mental Ank dan Remaja Melalui Ibadah keislaman, Al-Hikma: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 16, No 2, 2019, hlm 125-127.

Mukhtar, P. D., & Pd, M., Metode Praktis Penelitian Deskriptif kualitatif, Jakarta: GP Press Group.

Ikhwan Fuad, Menjaga Kesehatan Mental Perspektif Al-Qur’an dan Hadits, Journal An-nafs: Kajian dan Penelitian Psikologi, Vol 01, No 01, 2016, hal 32-45.

Hawari, dadang, Al-qur’an ilmu kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa, Yogyakarta: Penerbit Amzah.

Muhammad Husein Basofi, Hsakikat Doa, Putih: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu dan Hikmah, Vol 02, No 01, 2017,

M. Darojat Ariyanto, Psikotrapi Dengan Doa, Jurnal Suhuf, Vol XVIII, No 01, 2006.

Syamsidar, Doa Sebagai Metode Pengobatan Psikoterapi Islam, Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, Vol 06, No 2, 2020.

Siska Yolanda, Penerapan Do’a Bagi Kesehatan Mental Pasien RSUD DR. H. Abdoel Moeloek Bandar Lampung, Skripsi UIN Raden Intan Lampung, 2021

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Dampak Doa Bagi Kesehatan Mental Pada Pemuda Muslim. (2022). Proceeding Conference on Da’wah and Communication Studies, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.61994/cdcs.v1i1.18

Similar Articles

11-20 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.